Fakhruddin




K.H Fakhruddin (Muhammad Jazuli) lahir di Yogyakarta pada Tahun 1890 dan wafat di Yogyakarta pada 28 Februari 1929 dalam usia 39 tahun. Beliau adalah seorang tokoh Muhammadiyah.

Beliau tidak pernah mendapat pendidikan di sekolah-sekolah umum, pelajaran agama mula-mula diterima dari ayahnya, H. Hasyim. Kemudian dari beberapa ulama terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Fakhruddin dianggap sebagai seorang tokoh yang serba bisa. Karena itu, silih berganti tugas penting diserahkan kepadanya, antara lain mengurus bagian dakwah, bagian taman pustaka dan bagian pengajaran.

Tahun 1921 beliau diutus ke Mekah selama 8 tahun untuk meneliti nasib para jemaah haji yang berasal dari Indonesia karena mereka seringkali mendapat perlakuan kurang baik dari pejabat-pejabat Mekah. Sekembalinya, memprakarsai pembentukan Badan Penolong Haji. Selain itu beliau pernah pula diutus ke Kairo sebagai wakil umat Islam Indonesia untuk menghadiri Konferensi Islam.

Kesibukannya mengurus Muhammadiyah dan usahanya, membuatnya kurang memperhatikan kesehatannya. Menjelang kongres Muhammadiyah di Yogyakarta pada tahun 1929 beliau jatuh sakit.

Tepat pada tanggal 28 Februari 1929 beliau wafat di Yogyakarta dan dikebumikan di Pakuncen, Yogyakarta.