W. R. Supratman





Wage Rudolf Supratman adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia "Indonesia Raya" dan Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Jatinegara, Batavia pada tanggal 9 Maret tahun 1903 dan wafat di Surabaya provinsi Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus tahun 1938 dalam usia 35 tahun.

Ayahnya bernama Senen, sersan di Batalyon VIII, beliau memiliki saudara berjumlah enam orang hanya satu orang saja yang laki - laki sementara lainnya perempuan.

Pada tahun 1914 beliau ikut saudaranya yang bernama Rukiyem ke Makassar. Di sana beliau disekolahkan dan dibiayai oleh suami Rukiyem yang bernama Willem van Eldik. Kemudian belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun dan melanjutkannya ke Normaalschool di Makassar sampai selesai.

Ketika berusia 20 tahun beliau dijadikan guru di Sekolah Angka 2. Dua tahun selanjutnya beliau mendapat ijazah Klein Ambtenaar.

Beberapa waktu lamanya beliau bekerja pada sebuah perusahaan dagang. Dari Makassar beliau pindah ke Bandung dan bekerja sebagai wartawan di harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita.

Pekerjaan itu tetap dilakukannya sewaktu sudah tinggal di Jakarta. Dalam masa itu beliau mulai tertarik kepada pergerakan nasional dan banyak bergaul dengan tokoh - tokoh pergerakan.

Rasa tidak senang terhadap penjajahan Belanda mulai tumbuh dan akhirnya dituangkan dalam buku Perawan Desa. Buku itu disita dan dilarang beredar oleh pemerintah Belanda. Supratman dipindahkan ke kota Sengkang, di situ tidak lama lalu minta berhenti dan pulang ke Makassar lagi.

Rukiyem sendiri sangat gemar akan sandiwara dan musik. Banyak karangannya yang dipertunjukkan di mes militer. Selain itu Rukiyem juga senang bermain biola, kegemarannya ini yang membuat Supratman juga senang main musik dan membaca - baca buku musik.


Gelar pahlawan diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada WR Supratman dengan SK : Nomor 016 Tahun 1971/20-5-1971.