Raden Panji Suroso




Raden Panji Suroso (Pandji Soeroso) adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Porong kabupaten Sidoarjo provinsi Jawa Timur pada tanggal 3 November tahun 1893 dan wafat di Indonesia pada tanggal 16 Mei tahun 1981 dalam usia 87 tahun.

Beliau adalah mantan Gubernur Jawa Tengah, mantan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, dan mantan anggota BPUPKI/PPKI. Beliau juga bertugas sebagai wakil ketua BPUPKI yang dipimpin oleh K.R.T. Rajiman Wedyodiningrat.

R.P Suroso dikenal sebagai Pendiri Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia, sehingga beliau dijuluki Bapak Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia.

Salah seorang putranya bernama Raden Panji Suyono (Soejono) adalah seorang ahli purbakala atau arkeolog senior di Indonesia. Suyono adalah mahaguru arkeologi khususnya bidang prasejarah di beberapa universitas di Indonesia, yakni UI, UGM dan Universitas Udayana. Sempat pula menjadi Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (1974 - 1989).

Pemerintah Indonesia telah mengangkat Raden Panji Suroso sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Gelar pahlawan secara resmi diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada R.P Suroso dengan SK : Nomor  082/TK/Tahun 1986/23-10-1986.